Wahdi Mendapat Gelar Sutan Nagari Saat Pelantikan KBSB Metro

Wahdi Mendapat Gelar Sutan Nagari Saat Pelantikan KBSB Metro

Metro, Trustmedia.id – Walikota Metro Wahdi Siradjuddin menghadiri pelantikan Pengurus Keluarga Besar Sumatera Barat (KBSB) Kota Metro Periode 2021-2026, acara dilangsungkan di Nuwo Budayo, Minggu (23/01/2022).

Kehadiran Walikota beserta rombongan pada acara tersebut disambut gendang Tambur Maninjau dan Tari Persembahan. Wahdi mengapresiasi tradisi budaya tari persembahan dari masyarakat Minang yang ada di Kota Metro.

Sebagai apresiasi terbentuknya KBSB di Kota Metro, Walikota Metro Wahdi Siradjuddin mendapatkan gelar kehormatan Sutan Nagari. Kemudian untuk Ketua KBSB Kota Metro yang dilantik yakni, Hj. Zulkarnain Sutan Mahmud.

“Ini menunjukkan bahwa masyarakat  Padang di Kota Metro masih memegang kuat adat dan budaya. Kita harus menjaga kebudayaan yang ada di Kota Metro, karena kalau bukan kita yang menjaga, siapa lagi,” ungkap Wahdi.

Lanjutnya, kebudayaan seperti ini dapat dipelihara, dijaga dan dilestarikan. Kebudayaan merupakan alat perekat bangsa, menjaga keutuhan dan persatuan.
Kedepannya ia berharap, KSBB menjadi wadah bagi orang Minang di Kota Metro. Serta dapat menjadi satu dari sekian penggerak roda pembangunan serta dapat selalu menjaga silaturrahmi, kebersamaan dan kekompakan.

Ia mengingatkan kepada pengurus-pengurus terpilih agak bekerja dengan sebaik mungkin dengan mengedepankan kejujuran.
“Para pengurus yang terpilih semoga bekerja sebaik mungkin dan jujur. Kepengurusan akan efektif dan efisien apabila menempatkan seseorang pada bidangnya. Selain itu yang menjadi kunci utama yaitu menanamkan sifat-sifat Nabi Muhamad SAW seperti amanah dan sidik,” ungkap Wahdi.

Sementara itu, Ketua Umum KBSB Provinsi Lampung Faisal, menyampaikan jika KBSB sudah berdiri sejak tahun 1968.
Menurutnya, KBSB di Provinsi Lampung sendiri sudah terbentuk di 12 kabupaten/kota.

Baca juga:  Walikota dan Wakil Walikota Hadiri Sidang Senat Terbuka IAIN Metro

“Hanya tiga kabupaten yang masih menyiapkan kepengurusan, yakni Kabupaten Mesuji, Kabupaten Pesisir Barat, dan Kabupaten Way Kanan,” ucapnya.
(Kmf-di)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here