Tertular Tiga Sipir, 88 Napi di Lapas Rajabasa Bandar Lampung Positif Covid-19

0
140

Trustmedia.id, Bandar Lampung – Diduga kuat tertular virus Corona dari tiga sipir, 88 narapidana (Napi) di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Rajabasa, Bandar Lampung, positif Covid-19.

“Benar, sudah kami swab dan hasilnya ada 88 warga binaan yang positif (Covid-19),” ujar Kepala Lapas Rajabasa Maizar, Minggu (23/5/2021).

Dijelaskan, awalnya pada Sabtu (22/5/2021) banyak napi yang mengeluh batuk, demam, pilek, dan nyeri sendi.

Dokter lapas kemudian melakukan rapid tes di poliklinik setempat. Hasilnya, ada 126 napi yang reaktif.

Hasil rapid tes yang mengejutkan itu kemudian dilaporkan ke Kanwil Kemenkumham Lampung, untuk meminta agar para napi diizinkan melakukan swab antigen.

“Hasil swab ada 88 warga binaan yang positif Covid-19,” kata Maizar, dilansir Kompas com.

Menurut dia, awal penyebaran virus diduga kuat dari tiga orang sipir, yang sebelumnya sudah dinyatakan positif Covid-19.

Tiga petugas itu saat ini sedang menjalani isolasi mandiri di rumah.

Sedangkan jika dari pengunjung, kemungkinannya kecil, karena Lapas Rajabasa sudah meniadakan besuk dan hanya menerima penitipan makanan.

Kosongkan satu blok

Saat ini satu blok telah dikosongkan untuk tempat isolasi 88 napi yang positif Covid-19.

“Kami pisahkan dahulu untuk isolasi, karena letak sel (napi) yang positif ini berdekatan dengan yang sehat,” kata Maizar.

Kemudian, 38 narapidana yang sebelumnya reaktif, tapi negatif Covid-19 saat swab juga dipisahkan untuk sementara.

“Yang reaktif itu kita isolasi dahulu. Nanti setelah 10 hari tidak ada apa-apa, baru kita kembalikan ke selnya,” jelas Maizar.

Pasca kejadian itu, sejumlah aktivitas di dalam lapas ditiadakan sementara, seperti aktivitas pertanian, perbengkelan hingga shalat berjamaah di masjid.

Pihak lapas sudah berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan Provinsi Lampung untuk mengadakan swab antigen secara menyeluruh.

“Sebab ini di dalam kompleks, jadi semuanya nanti akan diperiksa lagi,” ujar Maizar. (*)

FOTO: Swab tes narapidana di Lapas Rajabasa. Sebanyak 88 narapidana dinyatakan positif Covid-19. (FOTO: Dok. Lapas Rajabasa)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini