Pencanangan Remaja SULSEL Sehat Dilaksanakan Secara Virtual Se-SulSel *Salam Sehat – Sehat Indonesia.*

0
130

Pencanangan Remaja SULSEL Sehat Dilaksanakan Secara Virtual Se-SulSel

*Salam Sehat – Sehat Indonesia.*

TRSUTMEDIA.ID-SINJAI. Jum’at (1/4/2022), bertempat di gedung pertemuan Dinas Kesehatan Sinjai berlangsung kegiatan Virtual Pencanangan Remaja Sulsel Sehat yang dihadiri Dinkes sinjai dan jajaran, beberapa Opd yang diundang yakni Dinas Sosial, kemenag, serta pelajar SMU yang ada di kabupaten sinjai.

Sambutan virtual pertama dibawakan oleh bapak Gubernur provinsi sulsawesi selatan A. Sudirman Sulaiman. Juga di hadiri Ibu tim penggerak PKK Pusat, Ibu TIM Penggerak PKK SulSel, Menteri Kesehatan, UNICEF, Bupati/Walikota kab kota, ibu tim penggerak pkk seluruh kab kota se-sulsel, kepala opd lingkup Prov sulsel, kadinkes se sulsel, Kemenag se-Sulsel, DPRD kab kota, serta pelajar yang turut ikut secara Virtual.
Sambutan gubernur sulsel mengatakan bahwa komitmen di lakukan untuk mendukung melakukan pencegahan dini potensi STUNTING dengan adanya program 100 hari gubernur sulsel.
Melalui survei SSGI random pengambilan sampel di berbagai daerah. Indikator yang umum digunakan di Indonesia adalah berat badan menurut tinggi badan (BB/TB), meski ada juga indicator lain seperti tinggi badan menurut usia (TB/U), dan berat badan menurut usia (BB/U).
Berbagai penelitian telah membuktikan bahwa terdapat pengaruh stunting terhadap perkembangan kognitif dan prestasi belajar anak yang dapat menurunkan produktivitas kerja sehingga pada akhirnya dapat menghambat pertumbuhan ekonomi dan meningkatkan kemiskinan di suatu negara.

Berdasarkan hasil SSGI tahun 2021 angka stunting secara Nasional mengalami penurunan sebesar 1,6 persen per tahun dari 27.7 persen tahun 2019 menjadi 24,4 persen tahun 2021. Hampir sebagian besar dari 34 provinsi menunjukkan penurunan dibandingkan tahun 2019 dan hanya 5 provinsi yang menunjukkan kenaikan. (Per 27 Des 2021).

Penguatan SDM sangat diperlukan yakni bagaimana potensi di bawah melaksanakan tugasnya menangani STUNTING. Bagaimana pencegahan stunting itu sendiri yakni dengan memenuhi kebutuhan gizi sejak hamil. Cara yang relatif ampuh untuk mencegah stunting adalah memenuhi gizi ibu dan anak sejak masa kehamilan,bayi mendapatkan ASI eksklusif selama 6 bulan, MPASI sehat untuk mendampingi pemberian ASI, Konsisten memantau pertumbuhan anak, serta menjaga kebersihan lingkungan.

Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) adalah organisasi kemasyarakatan yang memberdayakan wanita untuk turut berpartisipasi dalam pembangunan, dimana PKK mengatakan siap turut ikut membantu bersinergi dalam penanganan pencegahan stunting.
Harapan Gubernur, bagaimana stakeholder bersinergi dgn kuat. Karena hal ini pun berkesinambungan. Dengan memberikan tablet penambah darah kepada pelajar, sebagai bentuk pencegahan dini dr pd dampak tersebut. Berbagai penelitian telah membuktikan bahwa terdapat pengaruh stunting terhadap perkembangan kognitif dan prestasi belajar anak yang dapat menurunkan produktivitas kerja sehingga pada akhirnya dapat menghambat pertumbuhan ekonomi dan meningkatkan kemiskinan di suatu negara. Dimana remaja putri (Rematri) rentang terkena anemia di saat masa pertumbuhannya. Untuk menghindari hal tersebut tidak hanya sebagai seorang ibu tapi calon intelektual di harapkan bisa berkiprah di pembangunan nasional dengan lakukan gerakan kesehatan tambahan asupan tambah darah ini maka mereka bs terhindar dari anemia.
Bisa mencapai cita2-cita untuk menjadikan remaja puteri tumbuh dengan baik dalam meraih pembangunan di masa akan datang.

Ibu Tri Suswati Tito Karnavian selaku Ibu Tim Penggerak PKK Pusat mengatakan bahwa sebagai suatu bangsa yg besar, Negara kita sudah menetapkan pembangunannya dengan jelas hal ini tertuang dalam UU 45 alinea ke 4. Cita-cita tersebut ditegaskan oleh presiden dimana suatu visi untuk mewujudkan indonesia emas 2024.
Pemerintah telah menetapkan melalui derajat kesehatan salah satu pilar dalam mewujudkan indonesia emas.

Apresiasi setinggi-tingginya kepada pemerintah sulsel serta semua pihak dalam kegiatan mensukseskan bersama remaja sulsel sehat. Dan mengucapkan terima kasih dapat Menyukseskan acara ini. “ucap oleh ibu Tri Suswati Tito Karnavian.

Acara ini di buka dengan melakukan pemukulan gong oleh ketua TIM Penggerak PKK sulsel dan pemberian tablet penambah darah kepada pelajar.
Dilanjutkan penandatangan komitmen bersama gerakan remaja sulsel sehat oleh semua stakeholder serta undangan yang hadir secara Virtual se SULSEL. Jum’at (1/4/2022)
(TRUSTMEDIA.ID/TRI)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini