Jokowi Kembali Melarang Mudik Lebaran, Bus di Terminal Rajabasa Lampung Hentikan Operasional Sementara

Trustmedia.id, Bandar Lampung – Seperti tahun lalu, Presiden Joko Widodo atau Jokowi kembali melarang seluruh masyarakat mudik Lebaran tahun ini.

Beberapa perusahaan otobus (PO) antarkota antarprovinsi (AKAP) yang berada di Lampung akan menghentikan operasionalnya sementara.

Kepala Terminal Induk Rajabasa, Bandar Lampung di Provinsi Lampung, Harri Indarto, mengungkapkan, pihaknya mulai menyosialisasikan larangan operasional bus ke sejumlah PO AKAP, terkait larangan mudik Lebaran 2021.

“Kami sudah mulai memberitahukan kepada PO bus terkait persoalan ini, sekaligus melakukan sosialisasi Surat Edaran (SE) Nomor 24 dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Tahun 2021 tentang Petunjuk Pelaksanaan Perjalanan Orang Dengan Transportasi Darat Dalam Masa Pandemi Covid-19,” ujarnya, Minggu (18/4/2021).

Dijelaskan, dari sejumlah PO AKAP di Lampung, umumnya akan melakukan penghentian operasional dalam waktu dekat, guna mendukung kebijakan pemerintah dalam menanggulangi COVID-19.

“Waktu penghentian pengoperasian bus AKAP berbeda-beda. Ada yang dalam waktu dekat, ada yang bulan Mei dan ada juga yang masih menunggu kepastian dari pemerintah pusat terkait larangan mudik,” terang Harri, dilansir Suaralampung.

Diuraikan, Bus Handoyo akan memberhentikan operasional mulai 27 April 2021 dan Bus Famili Raya pada 1 Mei 2021.

Lalu, Bus Antar Lintas Sumatera (ALS), Puspa Jaya, dan RBU serentak akan memulai pemberhentian pengoperasian tanggal 4 Mei 2021.

“Namun, masih ada beberapa PO yang menunggu kepastian larangan mudik dari pemerintah pusat dan belum menentukan waktu kapan akan berhenti operasi sementara waktu,” kata Harri.

Beberapa PO tersebut yakni Damri, Eka, Putra, Tri Dara, Sinar Jaya, dan SAN yang belum menentukan waktu penghentian sementara operasionalnya.

“Tapi mereka komitmen mengikuti instruksi dari pemerintah pusat,” ujar Harri.

Dia pun meminta kepada pihak PO agar memaklumi dan mendukung kebijakan pemerintah tersebut.

Baca juga:  Nah! Pemerintah Pusat Larang juga Mudik Lokal, Gubernur Lampung Justru Izinkan

Sebab, larangan mudik dimaksudkan sebagai target untuk memutus mata rantai penularan COVID-19.

“Oleh karena itu dalam waktu dekat kami akan mulai pemberhentian pengoperasian bus AKAP yang ada secara bertahap,” jelas Harri. (*)

FOTO: Terminal Rajabasa, Bandar Lampung. (Ilustrasi/Istimewa)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here