BNN adakan RAKOR Tingkat Kabupaten Tanggamus terkait P4GN

85

Tanggamus – trust media.id

Dalam rangka meningkatkan pelaksanaan fasilitasi Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika dan Prekursor Narkotika ( P4GN) di Kabupaten Tanggamus maka BNN Kabupaten Tanggamus menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) Tingkat Kabupaten Tanggamus merencanakan akan membentuk dan mencanangkan Desa Bersinar.

Acara berlangsung di Villa Ratu Kuring Gisting Kabupaten Tanggamus diadakan rapat koordinasi dalam rangka rencana pembentukan Desa Bersinar, Untuk giat hari ini tentang Rapat Koordinasi Tingkat Kabupaten Bidang Rehabilitasi BNNK Tanggamus, di pimpin langsung kepala BNNK Tanggamus dan di dampingi oleh Sub Koordinator Bidang Rehabilitasi BNNK Tanggamus. Rabu (23/03/22).

Disampaikan oleh Kepala BNNK Tanggamus AKBP. Abdul Haris Winsulangi, S.Sos., M.H., Desa bersinar adalah suatu wilayah setingkat Pekon yang memiliki kriteria tertentu dimana terdapat pelaksanaan program P4GN yang dilaksanakan secara massif. Tujuan dibentuk desa bersinar ini adalah untuk menciptakan kondisi aman dan tertib bagi masyarakat desa/pekon sehingga masyarakat desa bersih dari penyalahgunaan narkoba.

Regulasi dari desa bersinar antara lain INPRES nomor 2 tahun 2020 Tentang RAN P4GN tahun 2020-2024, Permendagri nomor 12 tahun 2019 Tentang fasilitasi P4GN, Permendagri nomor 130 tahun 2018 tentang Pemberdayaan masyarakat di kelurahan
Permendes nomor 21 tahun 2020 Tentang pedoman umum pembangunan dan pemberdayaan masyarakat desa diterbitkan dan RKP BAPPENAS tahun Anggaran 2021.
Tahapan pembentukan desa bersinar adalah sebagai berikut.

Membangun komitmen, Pemilihan desa Penetapan desa, Menyusun kelompok kerja
Penganggaran perencanaan Pencanangan dan pelaksanaan program dan kegiatan.
Berdasarkan data dari BNNK Tanggamus, kawasan rawan narkoba di Kabupaten Tanggamus telah kami petakan, 302 Pekon dan 20 Kecamatan yang ada di Kabupaten Tanggamus sudah kami petakan.

Rencananya akan segera kami bentuk 3 Pekon terlebih dahulu, yaitu Pekon Kota Dalom dan Pekon Kandang Besi. Salah satu dari Pekon tesebut akan di bentuknya Intervensi Berbasis Masyarakat (IBM) sebagai Pilot Project IBMadalah Pekon Gunung Tiga Kecamatan Pugung.

Baca juga:  Karyawan Borongan PT Kekir Jaya Indonesia Demo Menuntut Kenaikan Upah Yang Manusiawi

Dijelaskan. Yuni Eka Lestari, SKM sebagai sub koordinator Rehabilitasi BNNK Tanggamus. Di BNNK Tanggamus juga mengeluarkan SKHPN (Surat Keterangan Hasil Pemeriksaan Narkotika) dan juga layanan rehabilitasi rawat jalan bagi korban penyalahguna narkoba.

“Tolong di sampaikan kepada masyarakat, di BNNK Tanggamus melayani layanan Rehabilitasi secara gratis serta melayani pembuatan SKHPN” Jelasnya.

Turut hadir dalam acara tersebut, Kepala BNN Kabupaten Tanggamus, AKBP. Abdul Haris Winsulangi, S. Sos., M.H, dan Sub Koordinator Bidang Rehabilitasi BNNK Tanggamus, Yuni Eka Lestari, SKM, Sekertaris PMD Kabupaten Tanggamus Lauyustis, S.Pd., M.M., Camat Pugung Ahmad Yani Halim, S. Sos., M.M., KUPT Puskes Rantau Tijang Vera Lesmana., S. Km., Bhabinkamtibmas Pekon Gunung Tiga AIPDA. Alpian Junaedi, S.H., M.Sos., Babin Pekon Gunung Tiga, KOPTU. Firmansyah,. Dan 3 Kepala Pekon Kandang Besi, Kota Dalom dan Pekon Gunung Tiga ( red/ kur)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here