UPT Samsat Cikande Menjadi Pilot Project Nasional Dalam Pelayanan Publik Berbasis HAM

UPT Samsat Cikande Menjadi Pilot Project Nasional Dalam Pelayanan Publik Berbasis HAM

SERANG, trustmedia.id
Unit Pelaksana teknis (UPT) Samsat Cikande dan Puskesmas Singandaru menjadi pilot project nasional dalam hal pelayanan berbasis Hak Ajasi Manusia (HAM).

“Provinsi Banten dinilai pemerintah pusat sudah melaksanakan pelayanan publik berbasis HAM. Dan, sekarang sedang menjadi pilot project bagi nasional,” kata Septo Kalnadi, Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah Provinsi Banten, saat mewakili Gubernur Banten Wahidin Halim (WH) menerima penghargaan pelayanan publik berbasis HAM dari Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia, di Kantor Kementrian Hukum dan HAM RI, Jakarta.

Septo juga menjelaskan, kategori pemberian penghargaan dikaitkan dengan tema Peringatan Hari HAM sedunia, 10 Desember 2021, yaitu “Equality: Reducing Inequalities, Advancing Human Rights” atau “Kesetaraan: Mengurangi Ketidaksetaraan, Memajukan HAM”

“Banten meraih penghargaan Pelayanan Publik berbasis HAM karena sudah memberikan kesetaraan pelayanan kepada kelompok disabilitas, yaitu di Puskesmas Singandaru dan UPT Samsat Cikande. Berkat penerapan pelayanan itu,
Pemprov Banten Raih Penghargaan Pelayanan Publik Berbasis HAM,” ungkap Septo dengan bangga.

Septo memaparkan ada tiga indikator utama yang harus dipenuhi untuk mendapatkan penghargaan tersebut yakni aksesibilitas dan ketersediaan fasilitas, ketersediaan petugas yang siaga, dan  kepatuhan pejabat, pegawai dan pelaksana terhadap standar pelayanan.

“aksesibilitas dan ketersediaan fasilitas, yang dinilai adalah sarana-prasarana yang aksesibel, toilet khusus penyandang disabilitas, lantai pemandu, maklumat pelayanan, ruang/loket/kotak pengaduan, informasi pelayanan publik, ruang laktasi/menyusui, ruang bermain anak, rambu-rambu kelompok rentan, alat bantu kelompok rentan, jalan landai, loket/layanan khusus lanjut usia/anak/ibu hamil/penyandang disabilitas, ruang tunggu dan layanan konsultasi,” ujar Septo menjelaskan.

“Untuk kriteria petugas yang ramah dan siaga, yang dinilai yakni ketersediaan petugas yang siaga melayani. Sedangkan pada aspek kepatuhan adalah pejabat/pegawai dan pelaksana terhadap standar pelayanan yang ada,” kata Septo menambahkan.

Baca juga:  Polsek Lambu Kibang Ungkap Penculikan Anak dibawah Umur

Sementara itu, H. Opar Sohari, Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Provinsi Banten, mengaku sangat bangga karena UPT Samsat Cikande jadi tolak ukur dan pilot project pelayanan publik berbasis HAM secara nasional.

“kita tentu saja merasa bangga ya, karena bentuk pelayanan terbaik yang di lakukan oleh tim UPT Samsat Cikande, sehingga provinsi Banten mendapat penghargaan dari Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia, ini kan suatu prestasi yang sangat membanggakan,” kata Opar Sohari, kepala Bapenda Provinsi Banten, melalui sambungan telepon selulernya.

Opar Sohari juga mengucapkan terima kasih kepada team work UPT Samsat Cikande, yang sudah memberikan pelayanan dengan baik dan sepenuh hati.

“terima kasih team work UPT Samsat Cikande, pertahankan terus pelayanan terbaik kepada masyarakat, semoga kedepannya pelayanan terbaik akan selalu di tingkatkan,”ujarnya.

Kepala UPT Samsat Cikande, Rita Prameswari Ri’vai, mengaku sangat bersyukur karena pelayanan yang baik kepada masyarakat, yang dilakukan oleh UPT Samsat Cikande menjadi pilot project dan mendapat penghargaan dalam hal pelayanan berbasis Hak Ajasi Manusia (HAM) dari Kementerian Hukum dan HAM RI.

“Alhamdulillah, terimakash atas penghargaan yang diberikan kepada kami, kami akan terus meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dgn prinsip – prinsil HAM khususnya, dan menjadi motivator untuk semua lembaga yang memberikan pelayanan kepada masyarakat,” kata kepala UPT Samsat Cikande, Rita Prameswari Ri’vai melalui pesan whatsapp selulernya, Minggu (12/12/2021).

Rita, panggilan akrab Rita Prameswari Ri’vai, juga mengucapkan terima kasih kepada kepala Bapenda Provinsi Banten yang selalu memberikan arahan dan masukan serta support untuk team work UPT Samsat Cikande, dalam memberikan pelayanan terbaik untuk masyarakat.

“terimakasih kepada Bapak Kaban Bapenda Provinsi Banten, yang selalu memberikan arahan dan masukan untuk kami, sehingga menjadikan team work kami lebih baik lagi di dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat Banten, terima kasih juga kepada semua team work UPT Samsat Cikande yang selalu kompak dalam melakukan pelayanan terbaik kepada masyarakat. Bravo UPT Samsat cikande, kami siap memberikan pelayanan lebih baik lagi,” pungkas Rita. RED

Baca juga:  Kasiter Kasrem 043/Gatam Hadiri Acara Peringatan Hari Jadi Ke-58 Provinsi Lampung Tahun 2022.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here