Jelang Nataru, Sembako Mengalami Kenaikan Harga

Jelang Nataru, Sembako Mengalami Kenaikan Harga

Metro, TrustMedia.id- Harga sejumlah bahan pokok seperti cabai merah, cabai rawit, dan bawang merah di Pasar Cendrawasih Kota Metro mengalami kenaikan menjelang libur natal dan tahun baru (Nataru). Rabu, (08/12/2021).

Sebelumnya harga cabai merah Rp40.000/kg. namun saat ini mencapai Rp75.000/kg.
Kemudian, untuk cabai rawit sebelumnya Rp45.000/kg, sekarang naik menjadi Rp50.000/kg. Untuk harga bawang merah sebelumnya Rp15.000, sekarang naik mencapai Rp 20.000/kg.

Sementara, untuk harga cabai hijau besar sebelumnya Rp30.000, sekarang justru turun menjadi Rp 25.000 per kilo, sedangkan untuk bawang putih dan lainnya harga masih stabil.

Musringah (47) salah satu pedagang cabai mengatakan, kenaikan harga ini disebabkan karena musim penghujan banyak menyebabkan petani gagal panen sehingga stok persediaan sedikit dan sering kali tidak ada (kosong).
“Naiknya harga cabai baru hari ini, yang paling tinggi naik harganya yaitu cabai merah dan cabai rawit sedangkan untuk cabai hijau besar malah harga turun,” ucapnya.

Di tempat terpisah, Pepen (33) seorang pedagang bawang mengungkapkan, faktor cuaca sangat mempengaruhi harga karena tranportasi sangat terhambat dan berkurangnya barang di pasar.
“Naiknya bawang merah dikarenakan minggu – minggu ini cuaca sangat buruk apalagi di tanah jawa, akan tetapi untuk harga bawang putih masih stabil hingga hari ini,” ungkapnya.

Kemudian, Kepala Dinas Perdagangan Kota Metro, Leo Hutabarat mengatakan, pihaknya selalu melakukan monitoring untuk memantau perkembangan harga komoditas di pasar tradisional Bumi Sai Wawai.
“Kita selalu memantau perkembangan harga di lapangan. Tentunya dengan monitoring ini dapat mengetahui apakah terjadinya penimbunan komoditas menjelang Natal dan tahun baru,” tuturnya.
(Riadi)

Baca juga:  Walikota dan Wakil Walikota Metro Hadiri Acara Berkah Berbagi Paket Bingkisan Lebaran

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here