Jalan Setapak Di Kelurahan Kuripan Kota Agung Gunakan Anggaran APBN 2021 Terealisasi

Trustmedia. Id, ( Kota Agung ) – Kelurahan Kuripan, Kecamatan Kota Agung, Kabupaten Tanggamus merealisasikan pembangunan jalan setapak tahap pertama dengan jumlah anggaran sebesar Rp. 223 Juta bersumber dari dana APBN tahun 2021.

Menurut Lurah Kuripan, Rio Iskandar menjelaskan, untuk pembangunan jalan setapak tahap pertama termin pertama di Tahun 2021 ini, baru terealisasi dan sudah mulai dikerjakan di dua titik lokasi Rt.03 dan Rt.16, dari Dana APBN Kelurahan Anggaran Tahun 2021 yang telah dicairkan di awal bulan Agustus tahun 2021.

“Prinsipnya, pembangunan ini berdasarkan Peraturan Mentri Dalam Negri, No.130 Tahun 2018, bahwa pelaksanaan pembangunan di kelurahan itu swa kelola, yang dikerjakan oleh warga sendiri sebagai pemberdayaan masyarakat dengan menunjuk ketua Pokmas,” terang Rio Iskandar. Selasa (17/8/2021).

Dikatakan, sebelum pengerjaan dilaksanakan, terlebih dahulu dilakukan sosialisasi kepada masyarakat dan Rt setempat yang lokasinya akan dibangun. Disamping itu juga sudah membentuk Pokmas pada bulan April 2021 yang dibentuk oleh LPM (Lembaga Pemberdayaan Masyarakat).

“Kami sangat berterimakasih kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Tanggamus yang sudah merealisasikan Anggaran APBN Kelurahan tahun 2021, hingga kami bisa melaksanakan pembangunan jalan untuk kebutuhan masyarakat,” ujarnya Rio.

Rio berharap, kepada seluruh masyarakat agar dapat menjaga jalan setapak yang sedang kita kerjakan dan bangun bersama. Karena menurut Rio, jalan ini jalan bersama artinya jalan masyarakat yang harus dijaga bersama-sama.

“Tentunya saya berharap kita semua dapat menjaga pembangunan itu biar dapat bertahan dengan semaksimal mungkin dan bermanfaat bagi kita semua,” katanya Rio Iskandar.

Sementara menurut keterangan Sekretaris Pokmas Sumaryanto, pembangunan jalan setapak yang sedang dikerjakan ini baru berjalan 6 hari, untuk tahapan pengerjaannya sudah mencapai 60 persen di alokasikan dua titik di RT 16 dan RT 03 Lingkungan Kuripan.

Baca juga:  Perkuat Pelayanan Publik, Ombusman RI Survey dan Penilaian di Polres Tanggamus 

“Alhamdulillah, kegiatan pembangunan Jalan setapak tahap pertama termin pertama di wilayah kelurahan kuripan Tahun 2021 ini, sudah mulai berjalan dan sedang dikerjakan di dua titik lokasi RT 03 dan RT. 16, dan dikerjakan langsung oleh warga setempat sebagai pemberdayaan masyarakat,” ucapnya.

Sumaryanto mengaku, kami sangat mendukung dan berterimakasih kepada Pemerintah Kelurahan Kuripan dan Pemerintah Daerah dengan adanya pembangunan Jalan setapak yang sudah terealisasi di tahun 2021ini.

“Semoga pembangunan yang diperuntukan bagi masyarakat dapat berjalan lancar dan mencapai hasil yang maksimal dan berkelanjutan. Agar semua jalan di Kelurahan Kuripan dapat terus dibangun,” ujarnya.

Hal yang senada yang dikatakan salah satu warga masyarakat setempat, Suryadi, menurutnya dengan adanya pembangunan jalan setapak yang baru terealisasi ini, dapat memudahkan akses pengguna jalan. Baik itu pejalan kaki atau kendaraan roda dua. Karena sebelumnya jalan akan dibangun ini rusak dan berlubang.

“Kami merasa terbantu mas, dengan adanya pembangunan jalan setapak ini. Karena memang jalan ini sudah lama rusak dan berlubang serta digenangi air jika waktu hujan,” tuturnya. (Abiarsya)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here