Di Guyur Hujan Deras,6 Pekon Di Kecamatan Kelumbayan Terendam Bajir.

Di Guyur Hujan Deras,6 Pekon Di Kecamatan Kelumbayan Terendam Bajir.

Tangamus trust media.id

Curah hujan tinggi yang mengguyur Kecamatan Kelumbayan,mengakibatkan terjadi banjir bandang yang merendam 6 pekon di Kecamatan Kelumbayan Kabupaten Tanggamus.
Rabu (15/12/2021)

Berdasarkan informasiyang berhasil di himpun Media banjir bandang tersebut terjadi hari Rabu dini hari sekira pukul 4.30.WIB.

Abidin,salah satu warga Pekon Napal mengatakan,hujan deras terjadi sekitar pukul 01.00 WIB, air mulai meninggi setelah lebih dari 1 jam hujan mengguyur debit air sungai mulai naik.sekira pukul 04.30,rabu dini hari,air bercampur lumpur sudah memasuki rumah warga.

“Mulai hujan sekitar jam 1 pagi, banjir mulai masuk sekitar jam 5.30.” ungkapnya.

Untuk pekon Napal sendiri menurut warga Napal,di perparah karena tanggul sungai yang baru di bangun kurang dari satu tahun ini roboh,sehingga ketinggian air mencapai 1,5 meter dan merendam rumah warga.

“Untuk di pekon napal,ketinggian air mencapai 1.5 meter,kantor pekon aja yang udah tinggi ikut tergenang air bercampur lumpur,ini di karenakan tanggul sungai yang belum lama ini di bangun ambrol kurang lebih 50 mete”imbuh Abidin.

Selain Pekon Napal,Dusun Pantai harapan Pekon Penyandingan juga termasuk yang terparah,pasal nya,letak dusun pantai harapan berada paling ujung aliran 2 sungai,yakni sungai Unggak dan sungai Penyandingan.

Syarif Zulkarnain,Kakon penyandingan mengungkapkan bahwa,dusun pantai harapan memang rawan banjir,di karenakan antara sungai sekaligus muara hampir rata dengan pemukiman warga.

Camat Kelumbayan,Naufal Syahri,beserta jajaran nya yang di dampingi Kapospol Kelumbayan Ipda Joko,W,beserta Babinkamtibmas langsung terjun ke lokasi guna memantau warga yang terdampak luapan banjir bandang.

Ipda Joko W,mengungkap kan “Kami dari pihak kepolisian beserta camat kelumbayan juga jajaran nya,langsung menuju titik titik lokasi pemukiman warga yang terendam,sekaligus menghimbau kepada warga yang terdampak untuk selalu waspada jika ada banjir susulan” jelas Ipda Joko W.

Baca juga:  Bupati Canangkan Gemes Lansia di Kabupaten Tanggamus

Adapaun pekon yang terdampak luapan banjir bandang diantaranya,Pekon Unggak,pekon Penyandingan,pekon susuk,pekon Negri Kelumbayan,Pekon Napal,dan Pekon Paku,dan untuk Pekon Kikuan Negri juga Pekon Umbar belum terpantau.

Hingga berita ini diterbitkan tidak ada laporan mengenai korban jiwa yang terjadi akibat peristiwa banjir bandang tersebut. Belum diketahui juga jumlah kerugian yang dialami masyarakat setempat. pewarta Tanggamus (kurdianto)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here