Call Centre di Disdik Medan Mesti Diikuti Instansi Lainnya

0
504

Call Centre di Disdik Medan Mesti Diikuti Instansi Lainnya

Medan- Trutsmedia.id Sebutan pungutan liar (Pungli) bukanlah cerita baru. Namun pungli bisa dihilangkan kalau memamg ada komitmen bersama untuk memberantasnya, minimal melakukan upaya- upaya agar tindakan pungli tersebut bisa ditekan keberadaannya sehingga tidak menjadi sebuah momok bagi masyarakat.

Seperti halnya yang dilakukan Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Medan, sebagai upaya meningkatkan pelayanan Kepada warga dan menghindari segala bentuk pungli, Disdik membuka layanan pengaduan Call Center 0853 7109 3888.

Dan apa yang dilakukan oleh Disdik Kota Medan ini, menurut Ketua Komisi II DPRD Kota Medan Surianto, patut mendapat acungan jempol. Karena sangat membantu bagi warga masyarakat, khususnya para orang tua murid untuk menyampaikan keberatan mereka dengan adanya praktik- praktik pungli di Sekolah tempat anak mereka menimba ilmu pengetahuan, yang dilakukan oleh para oknum guru.

Dan menurutnya, call centre di Disdik Kota Medan tersebut tida hanya untuk menerima pengaduan dari para orang tua siswa saja. Melainkan juga di Disdik Medan itu sendiri juga. Seperti pada perwakilan adisdik yang berada di Kecamatan.

” Cal centre di Disdik Medan ini satu gebrakan yang baik untuk menekan terjadinya praktek pungli. Dan sangat patut kita berikan acungan jempol. paling tidak, para oknum yang selama ini sering melakukan pungli jadi tidak berani lagi untuk melakukan pungli,” politisi Partai Demokrat ini kepada wartawan, Senin (28/03/22), melalui sambungan selular whatssap.

Menurutnya, call centre seperti di Disdik Medan tersebut bisa menjadi contoh untuk dilakukan oleh Instansi- instansi lainnya di jajaran Pemko Medan, terutama instansi yang melakukan pelayanan publik agar segala praktik pungli bisa semakin ditekan sehingga tidak ada ruang gerak bagi para oknum untuk melakukan pungli.

” Semoga bisa menjadi contoh positif bagi instansi lainnya dijajaran Pemko Medan. Dan tentunya, call centre ini juga harus dilakukan pengawasan,” sebutnya.

Dia juga menyampaikan, agar ada target dalam batas waktu dalam menindaklanjuti pengaduan yang disampaikan oleh masyarakat.

” Ya seperrtinya harus ada target batas waktu dalam menyelesaikan pengaduan warga. Ini dimaksudkan, agar masyarakat lebih percaya bahwa call centre memang memberikan solusi kepada warga untuk menekan segala praktek pungli,” ujarnya.

Sebelumnya, Kepala Dinas Pendidikan Kota Medan Laksamana Putra Siregar mengungkapkan, peningkatan pelayanan dan pemberantasan pungli merupakan salah satu program yang tengah digalakkan Dinas Pendidikan. Dengan hadirnya Call Center 0853 7109 3888 ini masyarakat dapat memanfaatkannya dengan melaporkan langsung segala bentuk aduan termasuk tindakan pungli di bidang Pendidikan.(adi)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini