BBPVP Semarang Kerjasama Dinas Koperasi UKM dan Tenaga Kerja Sinjai membuka Seleksi Calon Pencari Kerja PBK di Semarang.

0
184

BBPVP Semarang Kerjasama Dinas Koperasi UKM dan Tenaga Kerja Sinjai membuka Seleksi Calon Pencari Kerja PBK di Semarang.

TrustMedia.id-SINJAI. Balai Besar Pelatihan Vokasi dan Produktivitas (BBPVP) Semarang, Jawa Tengah merupakan naungan dari Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker) RI.

BBPVP melakukan seleksi atau rekrutmen terhadap calon pencari kerja di Kabupaten Sinjai. Selasa, (29/3/2022). Seleksi ini diikuti sebanyak 10 orang peserta dalam rangka mengikuti Pelatihan Berbasis Kompetensi (PBK) di BBPVP Semarang pada bulan Mei mendatang, bertempat di Aula Dinas Koperasi UKM dan Tenaga Kerja Kab. Sinjai.

Tim Rekrutmen atau Instruktur dari BBPVP Semarang, Tri Lestariningsih mengatakan bahwa seleksi ini dilakukan untuk menjaring peserta dari Kabupaten Sinjai yang akan mengikuti pelatihan di Semarang yang nantinya akan menambah skill dan kompetensi peserta.

Ada dua program yang disiapkan. Yakni Digital Marketing (pemasaran digital) dan Fashion Drawing. Peserta yang lolos nantinya akan mengikuti pelatihan baik secara online maupun offline selama 45 hari.

“Kami siapkan dua kelas. Khusus di Sinjai kita siapkan kuota masing-masing 2 orang per kelas. Jadi ada 4 orang yang kita rekrut untuk mengikuti pelatihan, ” jelasnya.
Dalam seleksi ini dilakukan dengan dua metode baik seleksi tertulis maupun tes wawancara.

“Syaratnya sederhana saja, mendowload dan membuat akun di web sisnaker, minimal usia 18 tahun, lulusan SMA/sederajat.
Kemudian yang memilih jurusan Digital Marketing minimal mahir dalam bermedia sosial dan komputer, sedangkan jurusan Fashion Drawing bisa menggambar pola, “ungkapnya.

Pelatihan ini merupakan program Kementerian Ketenagakerjaan RI, melalui Ditjen Pembinaan Pelatihan dan Produktivitas yang seluruh biaya pelatihan, termasuk akomodasi dan transportasi ditanggung oleh Pemerintah Pusat.

Sementara itu, Sekretaris Dinas Koperasi, UKM dan Tenaga Kerja Kabupaten Sinjai, Muh. Sabir Syur mengapresiasi BBPVP Semarang yang memberikan kesempatan masyarakat di Kabupaten Sinjai untuk mengikuti pelatihan ini.
Menurutnya, pelatihan tersebut sangat sejalan dengan program dan Visi Misi Pemkab Sinjai dalam penciptaan wirausaha baru dan peningkatan SDM yang unggul dan berdaya saing.

“Alhamdulillah kami bersyukur dan mengucapkan terima kasih banyak kepada BBPVP Semarang karena apa yang kami usulkan lalu bisa dipenuhi saat ini. Dan Ini momentum yang sangat baik bagi peserta pencari kerja untuk bisa menambah skill dan pengetahuannya sesuai jurusan yang diminati, “ucapnya.

“Setelah mengikuti pelatihan ini, maka kegiatan ini diharap akan melahirkan calon-calon tenaga kerja handal bersertifikat dan bekerja secara profesional serta mampu menciptakan lapangan pekerjaan, “harap Muh. Sabir Syur. (Trustmedia.id/ tri)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini