Baru, Cina Laporkan Kasus Pertama Flu Burung H10N3 pada Manusia

Trustmedia.id, Cina – Seorang pria berusia 41 tahun yang tinggal di Provinsi Jiangsu Timur Cina, dikonfirmasi sebagai kasus pertama penularan virus H10N3 pada manusia.

Hal ini disampaikan Komisi Kesehatan Nasional Cina (NHC) pada Selasa, 1 Juni 2021.

Pria tersebut merupakan warga kota Zhenjiang. Dia dirawat di rumah sakit pada 28 April 2021 setelah mengalami demam dan gejala lain.

Dilansir Reuters dan Kompas, Selasa (1/6/2021), pria itu didiagnosis mengidap virus flu burung H10N3 pada Jumat 28 Mei 2021.

Hingga saat ini belum diketahui bagaimana pria tersebut terinfeksi virus tersebut.

Saat ini kondisi kesehatan pria tersebut sudah stabil dan siap keluar rumah sakit.

Pengamatan medis dari kontak dekatnya tidak menemukan kasus lain.

Apa itu H10N3?

H10N3 adalah jenis virus patogenik rendah, atau relatif lebih ringan, pada unggas dan risiko penyebaran dalam skala besar sangat rendah.

“Strain H10N3 bukan virus yang sangat umum,” ujar Filip Claes, koordinator laboratorium regional Pusat Darurat Penyakit Hewan Lintas Batas Organisasi Pangan dan Pertanian, di Kantor Regional untuk Asia dan Pasifik.

Hanya sekitar 160 isolat virus yang dilaporkan dalam 40 tahun hingga 2018, sebagian besar pada burung liar atau unggas air di Asia dan beberapa bagian terbatas Amerika Utara.

“Sejauh ini tidak ada yang terdeteksi pada ayam,” tambahnya.

Menurut Claes, analisis data genetik virus perlu dilakukan untuk menentukan apakah itu menyerupai virus yang lebih tua atau apakah itu adalah campuran baru dari virus yang berbeda.

Banyak jenis flu burung yang berbeda ditemukan di Cina dan beberapa secara sporadis menginfeksi orang, biasanya mereka yang bekerja dengan unggas.

Tidak ada jumlah yang signifikan dari infeksi flu burung pada manusia sejak strain H7N9 membunuh sekitar 300 orang selama 2016-2017.

Baca juga:  Saat Ibu Iriana Dijamu Minum Teh oleh Madam Peng Liyuan

“Tidak ada kasus infeksi H10N3 pada manusia yang sebelumnya dilaporkan secara global,” kata NHC. (*)

FOTO: Ilustrasi/Istimewa

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here