Wakil Walikota Metro Ikuti Peringatan Hari Otonomi Daerah ke-26

0
451

Wakil Walikota Metro Ikuti Peringatan Hari Otonomi Daerah ke-26

Metro (Trustmedia.id) – Wakil Presiden dan Menteri Dalam Negeri RI, memperingati Hari Otonomi Daerah ke-26  melalui video conference, diikuti Wakil Walikota Metro Qomaru Zaman beserta jajarannya, yang bertempat di Guest House Rumah Dinas Walikota Metro. Senin (25/04/2022).

Menteri Dalam Negeri RI Tito Karnavian, yang di wakilkan oleh Sekretaris Jendral Menteri Dalam Negeri, Suhajar Diantoro, menjelaskan Peringatan Hari Otonomi Daerah XXVI Tahun 2021 bertemakan “Dengan Semangat Otonomi Daerah Kita Wujudkan ASN yang Proaktif dan BerAKHLAK dengan Membangun Sinergi Pusat dan Daerah Dalam Rangka Mewujudkan Indonesia Emas 2045”.

“Secara filosofis tujuan dilaksanakannya otonomi daerah dengan mendelegasikan sebagian kewenangan, sebagian urusan pemerintahan sejatinya untuk menjadikan mandiri daerah secara fisikal, dengan menggali berbagai potensi sumber daya yang dapat meningkatkan pendapatan Asli Daerah (PAD) serta mengacu percepatan pembangunan,” ungkapnya.

Lanjutnya, setelah 26 tahun berlalu otonomi daerah telah memberikan dampak positif yang dibuktikan dengan adanya percepatan pembangunan, yang ditandai dengan meningkatnya angka indeks pembangunan manusia, bertambahnya (PAD), dan kemampuan fiskal daerah.

“Namun data menunjukan filosofis dari tujuan otonomi daerah belum sepenuhnya mencapai hasil yang diharapkan. Berdasarkan data dari dirjen Keuangan Daerah Kemendagri selama kurun waktu tersebut, terdapat beberapa daerah yang memiliki PAD di bawah 20%, dan menggantungkan keuangannya pada pemerintah pusat melalui (TKDD) Transfer ke Daerah dan Dana Desa. Hal ini tentunya menjadi sangat ironis” lanjutnya.

Otonomi Daerah adalah elemen yang penting untuk pembentukan Negara dan Bangsa. Peringatan ini diharapakan dapat menjadi momentum untuk mengingat komitmen bersama untuk membangun Pemerintah Daerah yang bersih, transparan dan dapat memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat.

Sistem Pemerintahan yang tepat dapat menjadi elemen yang sangat menentukan untuk menaikan sumber daya alam dan sumber daya manusia yang unggul yang nantinya dapat menciptakan negara yang sejahtera. Diharapkan otonomi daerah terus dilanjutkan, Kepala Daerah dapat berinovasi dalam memajukan potensi daerahnya.

Acara diakhiri dengan turut dimeriahkan dengan launching Sistem Informasi Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (SI LPPD) Versi 1.1 dan Konsultasi Virtual (Kovi) Otda.
(Kmf/11.003)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini