Sanggar Tari Bumi Aekhula Sukses Tampil di Istana, Pemkab Nias Barat Gelar Doa Syukuran

0
87

Lahomi Nias Barat, Trustmedia.id– (25/8/2023), Sebagai ungkapan rasa syukur atas kesuksesan Sanggar Tari Aekhula Kabupaten Nias Barat menampilkan Tarian Bumi Aekhula di Istana Merdeka menjelang Upacara Peringatan detik-detik proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia ke 78 di, 17 Agustus 2023, Pemerintah Kabupaten Nias Barat menggelar Doa Syukuran dan penyambutan kontingen di Halaman Kantor Bupati Nias Barat, Jumat (25/08/2023).

Doa syukuran dan penyambutan tersebut turut dihadiri Ketua DPRD Nias Barat Drs. Evolut Zebua; Danrem 023/Kawal Samudra Kolonel Inf. Lukman Hakim, Dandim 0213/Nias Letkol Inf. Torang Parulian Malau, Sekretaris Daerah Kabupaten Nias Barat Sozisokhi Hia, SH., MM, Mantan Bupati Nias Barat Faduhusi Daely, mantan Sekda Zemi Gulo, Para Asisten dan Pimpinan OPD, Ketua TP. PKK Ny. Erli Tasar Khenoki Waruwu, Ketua DWP Ny. Nur Awani S. Hia, Tenaga Ahli Bupati Bidang Perikanan, Pariwisata dan UKM, Nelly Marinda Situmorang, para orang tua kontingen dan tamu undangan lainnya.

Ibadah syukur dipimpin oleh Pdt. Julius Daeli, S.Th dan Pastor Umar Sumadi, OSC sebagai pembawa renungan. Sebelum Ibadah dimulai, para kontingen menampilkan tarian Bumi Aekhula persis seperti yang ditampilkan di Istana Merdeka.

Bupati Nias Barat Khenoki Waruwu terlihat begitu bahagia dan mensyukuri momen berharga dan langka serta membawa harum nama Nias Barat yang telah tampil di Istana.

Tampilnya Tarian Bumi Aekhula di Istana merupakan anugerah tersendiri buat Nias Barat, meskipun kalau dilihat dari kemajuan daerah, hampir dapat dipastikan Nias Barat tidak dapat tampil di Istana oleh karena berbagai keterbatasan Nias Barat yang menyandang gelar Daerah 3T.

“Saya atas nama pemerintah dan seluruh masyarakat Kabupaten Nias Barat, mengucapkan selamat datang kembali di Nias Barat Bumi Aekhula yang kita banggakan dan cintai bersama. Selamat telah menampilkan yang terbaik dan telah menjadi duta kesenian dalam memperkenalkan keindahan tarian dari Nias kepada dunia,” ujar Bupati Khenoki Waruwu.

Penampilan Tari Bumi Aekhula di Istana merupakan sebuah catatan sejarah yang telah diukir oleh para putra putri terbaik Nias Barat yang telah mengharumkan nama Nias Barat di tingkat nasional yang belum tentu dapat terulang puluhan bahkan ratusan tahun lagi.

“Terima kasih, karena telah menampilkan yang terbaik dan mengharumkan nama Kabupaten Nias Barat dan Kepulauan Nias pada umumnya,” ucap Bupati Khenoki Waruwu.

Pada kesempatan tersebut, Bupati Nias Barat juga mengucapkan terima kasih dan apresiasi atas upaya dan kerja keras dari Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Nias Barat beserta seluruh jajarannya yang telah mempersiapkan penampilan Sanggar Tari Aekhula Kabupaten Nias Barat dengan baik, rapi dan memukau di Istana Merdeka.

Bupati Nias Barat menyampaikan ucapan terimakasih yang tak terhingga kepada Garuda Indonesia selaku sponsor utama dan sponsor lainnya, yang telah memberi dukungan dan fasilitas kepada kontingen Kabupaten Nias Barat, mulai dari tiket pulang pergi Nias Jakarta, transportasi bus selama kegiatan di Jakarta, hotel penginapan bagi kontingen, makan minum, souvenir seragam untuk kontingen hingga fasilitasi kunjungan belajar di Garuda Indonesia Training Center.

Secara khusus Bupati Khenoki Waruwu juga menyampaikan terima kasih kepada Asisten Deputi Pengembangan Pariwisata Berkelanjutan Kemenko Marves RI, Kosmas Harefa dan kepada Nelly Marinda Situmorang, yang telah setia mengawal, mendampingi dan menghubungkan Pemerintah Kabupaten Nias Barat dengan para sponsor dan pihak terkait lainnya, sehingga Nias Barat bisa tampil di Istana Merdeka.

Sebelum mengakhiri sambutannya, Bupati Khenoki Waruwu berharap agar seluruh kontingen yang mayoritas masih muda, tetap semangat dan terus berjuang untuk menggapai mimpi-mimpinya.

“Penampilan di Istana Merdeka kiranya menjadi motivasi untuk terus berinovasi dan berkreasi. Jadikan generasi muda Nias Barat semakin mencintai budayanya dan membawa kebanggaan bagi keluarga, daerah dan negara,” ucap Bupati Khenoki Waruwu mengakhiri sambutannya.

Sebelum acara syukuran berakhir, 150 orang kontingen Tari Bumi Aekhula mendapat Piagam Penghargaan dari Bupati Nias Barat dan Garuda Indonesia, sebagai tanda ucapan terimakasih karena telah menampilkan yang terbaik. (Red/65.007.01)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini