Rembuk Stunting Di Rangkai Dengan Pembentukan Tim RKPDes Tahun 2025 Di Gelar Desa Gantarang

0
17

Rembuk Stunting Di Rangkai Dengan Pembentukan Tim RKPDes Tahun 2025 Di Gelar Desa Gantarang

Sinjai, TrustMedia.Id.

Acara Rembuk Stunting di gelar selepas pembentukan Tim penyusun Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKP) Desa Gantarang, (10/07/2024) berlangsung di Aula Kantor Desa Gantarang Kecamatan Sinjai Tengah Kabupaten Sinjai.

Tujuan pelaksanaan Rembuk Stunting yang sudah menjadi agenda rutin mulai di tingkat desa sampai ke tingkat nasional setiap tahunnya dimaksudkan untuk memperkuat penerapan formulasi upaya yang bisa dilakukan dalam pencegahan stunting, termasuk upaya intervensi serentak pencegahan stunting tahun 2024 yang salah satunya adalah memastikan penurunan stunting di Indonesia mencapai target 14 %, dan mengakurasi angka stunting di Indonesia yang sebelumnya diukur menggunakan Survei Kesehatan Indonesia (SKI).

Kepala Pusat Kesehatan Masyarakat (PKM) Manimpahoi, Muh. Kaswin, SKM menjelaskan bahwa “Tindakan pencegahan stunting tentu lebih bijak dilakukan oleh semua orang di lingkungannya, terutama yang terdapat anak balita dan pasangan usia muda terhadap kemungkinan terjadinya stunting, itu lebih baik karena biaya lebih murah dan dampaknya akan lebih terkendali di banding upaya penanganan setelah terjadi stunting,”jelasnya.

Pembahasan stunting ini sebelumnya diawali dengan musyawarah pembentukan Tim Penyusun Rencana Kerja Pemerintah (RKPDes) Desa Gantarang tahun 2025.

Sebagaimana yang disampaikan Kepala Desa Gantarang, Insan dalam sambutannya mengatakan bahwa,” RKPDesa merupakan dokumen rujukan untuk menyusun Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes) yang harus di susun setiap tahun di mulai sejak bulan Juli tahun berjalan, untuk menjamin keberlanjutan pembangunan di desa, dokumen RKP Desa harus disusun berdasarkan dokumen RPJM Desa yang telah disusun sebelumnya.”Ungkapnya.

Pada kegiatan ini, hadir Camat Sinjai Tengah, Andi Syahrul Paesa, S.IP, Kepala PKM Manimpahoi, Muh.Kaswin, SKM, Ketua BPD dan Anggota, Babinsa, Pendamping Desa, Kadus se desa Gantarang, para ketua RW/RT, Kader Posyandu, Posbindu, KPM, tokoh masyarakat, Agama dan pengurus Karang Taruna Desa Gantarang.

[ Red. Tri Sinjai ]

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini