Pesan Gubernur Lampung saat Lantik Bupati-Wabup Pesisir Barat: Jangan Takut Gunakan Anggaran untuk Covid-19

Trustmedia.id, Bandar Lampung – Gubernur Lampung Arinal Djunaidi melantik Bupati dan Wakil Bupati (Wabup) Pesisir Barat, Agus Istiqlal – Zulqoini Syarief, di Bandar Lampung, Senin (26/4/2021).

Gubernur meminta Bupati dan Wakil Bupati Pesisir Barat yang baru dilantik untuk mengoptimalkan peran Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 di daerahnya.

“Bagi Bupati Pesisir Barat tugas utama untuk saat ini adalah menangani Covid-19 di daerahnya, sehingga memaksimalkan Satgas Covid-19 harus dilakukan,” ujar Arinal.

Menurutnya, hal tersebut harus dilakukan, mengingat kasus Covid-19 masih terus bertambah di Provinsi Lampung.

“Saat ini kita dalam kondisi darurat kesehatan, sehingga menyelamatkan rakyat yang terpenting dan harus segera dilakukan. Jangan takut gunakan anggaran untuk menangani Covid-19,” tegas gubernur, dilansir Suaralampung.

Namun, diharapkan penggunaan anggaran untuk menangani Covid-19 dapat dimaksimalkan dengan tetap bertanggung jawab.

“Tunda dahulu pembangunan gedung yang belum jadi prioritas. Alihkan untuk menangani Covid-19, tapi harus tetap bertanggung jawab, harus digunakan sesuai kebutuhan. Aktifkan pula peran tokoh masyarakat,” kata Arinal.

Selain itu, yang harus dilakukan untuk meminimalisir persebaran Covid-19 yakni dengan meningkatkan kewaspadaan menjelang libur panjang.

“Kita harus meningkatkan kewaspadaan, karena sebentar lagi libur panjang. Harus ada pengawasan ketat untuk masyarakat yang hendak keluar masuk daerahnya, guna meminimalisir persebaran Covid-19,” ujar gubernur.

Sebelumnya, berdasarkan lampiran Keputusan Menteri Dalam Negeri Nomor 131.18-1035 Tahun 2021, pasangan Agus Istiqlal-Zulqoini Syarief dilantik sebagai Bupati dan Wakil Bupati Pesisir Barat masa jabatan 2021-2025.

Agus Istiqlal adalah Bupati Pesisir Barat periode sebelumnya (petahana). Sedangkan Zulqoini Syarief mantan pejabat/birokrat setempat yang juga dikenal sebagai salah satu tokoh adat di daerah tersebut. (*)

FOTO: Istimewa

Baca juga:  DPRD dan BAPPEDA lampung sepakat pemutihan pajak kendaraan bermotor di lanjutkan tahun depan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here