KSAL dan Mentan Anjangsana ke Provinsi Lampung .

0
23

KSAL dan Mentan Anjangsana ke Provinsi Lampung .

Bandar lampung Trustmedia.id .

Kepala staf angkatan laut (KASAL) Laksamana TNI Muhammad Ali beserta Ketua Umum Jalasenastri Fera Muhammad Ali serta Menteri Pertanian (Mentan) Republik Indonesia Andi Amran Sulaiman ke Lampung pada Rabu (10/7/2024).

Kedatangan rombongan juga melakukan panen raya dan peresmian Masjid AL-Hafidzhan di kompleks Markas Komando Lanal Lampung.

Kepala Dinas Penerangan Angkatan Laut (Kadispenal) Laksamana Pertama TNI I M Wira Hady mengatakan, KASAL dan Mentan akan mengikuti sejumlah kegiatan yang dimulai di Mako Brigif 4 Mar/BS terlebih dahulu.

Di Mako Brigif 4 Mar/BS, pimpinan akan menerima paparan yang dilanjutkan meninjau green house untuk melihat ketahanan pangan (magot dan melon inthanon).

“Selanjutnya bergerak ke Keramba Jaring Apung menebar benih ikan bawal bintang,” ujarnya.

Setelah itu, rombongan akan melanjutkan ke Mako Lanal Lampung untuk melaksanakan tour facility di Lanal Lampung serta melakukan panen raya.

“Kita melakukan anen jagung dan padi jenis Inprida Padi Irigasi (INPARI-32) dan Jenis Situbagendit, serta penanaman padi secara simbolis,” katanya.

Setelah itu, lanjutnya. Rombongan melakukan persemian Masjid AL-Hafidzhan di kompleks Markas Komando Lanal Lampung.

“Selesai dari masjid, berlanjut menuju ke acara puncak yang dihadiri Pj Gubernur Lampung Samsudin, Kasal dan Mentan RI,” katanya.

Lalu dilanjutkan acara video conference dengan Satkowil dan setelah itu dilanjutkan dengan acara simbolis menerima Alat dan Mesin Pertanian (Alsintan).

Pelaksanaan makan bergizi gratis oleh siswa sekolah sekaligus menyaksikan aksi terjun payung oleh prajurit TNI AL, serta bakti sosial dan bakti kesehatan.

“Sasaran dari Baksos dan Bakkes ini adalah masyarakat sekitar Lanal Lampung dengan tenaga medis gabungan yang melibatkan TNI, Polri, Dinkes dan PMI Provinsi Lampung,” ungkapnya.

Sementara itu, Ketua Umum Jalasenastri juga akan melaksanakan peninjauan TK Hang Tuah sekaligus menyaksikan Drum Band TK Hang Tuah.

Kemudian dilanjutkan meninjau musik angklung Lanal Lampung serta meresmikan Jala Saburai Green House.

Untuk diketahui, lahan ketahanan pangan milik TNI AL yang dikelola Lanal Lampung dan Brigif 4 Marinir berjumlah 1.182 hektar.

Lahan tersebut terdiri dari lahan jagung 42 hektar, lahan padi 250 hektar, lahan holtikultura 3 hektare, dan lahan perkebunan pisang, alpokat dan kelapa 262 hektare.

Ketahanan pangan berupa budidaya udang vaname bioflok, rumput laut, budidaya melon Inthanon.

Tanaman hidroponik, keramba jaring apung ikan bawal bintang dan makanan ikan berupa magot.

TNI AL bersinergi dengan Kementerian Pertanian (Kementan) berusaha menyukseskan program pemerintah guna menjamin ketersediaan pangan.

“Hal ini untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dengan peningkatan persediaan pangan,” ujarnya menutp keterangan .

Red.rilis.DBS 03.001 .

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini