Ketua LSM TRINUSA DPC Lampung Barat Soroti Dugaan Pencemaran Limbah Puskesmas Way Tenong Melanggar SOP

0
86

Lampung Barat, Trustmedia.id– DPC LSM TRINUSA Lampung Barat berkunjung ke puskesmas kecamatan way tenong dalam rangka kontrol sosial, 4/4/2024.

Di dalam kunjungan LSM TRINUSA menjumpai pemandangan yang kurang elok, di samping kamar pasien terdapat beberapa kotak sampah limbah puskesmas yang berbau busuk menyengat, karena tanpa ada penutup.

Selain itu juga di jumpai pasien yang di rawat inap tidak jauh dari tempat kotak sampah limbah yang berbau busuk tersebut.

Kamipun tertarik untuk bertanya terkait pelayanan puskesmas kecamatan way tenung Ke pasien yang kami jumpai,
di luar dugaan kami, karena pasien tersebut sudah disuruh pulang oleh perawat puskesmas, yang menurut keterangan masih perlu perawatan, karena belum sembuh.

Seketika itu juga kami minta ketemu sama perawat dan dokter yang menangani pasien tersebut.

Tidak menunggu lama dokter dan perawat langsung menindaklanjuti pasien tersebut untuk dirawat kembali, sampai benar-benar sembuh.

“Kamipun meminta no hp Kapus untuk konfirmasi terkait kejadian hari ini, tapi sayang pegawai tidak ada yang mau memberikan nomor Kapus puskesmas Kecamatan Way Tenong,” lanjutnya.

Sampai saat berita ini diturunkan Kapus belum bisa dikonfirmasi.

Ketua DPC LSM TRINUSA Lampung Barat, beserta tim investigasi akan datang kembali’ ke puskesmas untuk mempertanyakan SOP, yang di pakai,
Dan akan mempertanyakan realisasi, bantuan operasional kesehatan ( BOK) tahun anggaran 2020 sampai kuartal pertama, tahun 2024.

Iya juga mengatakan, “Dalam waktu dekat nanti apabila tidak ada keterbukaan informasi publik dan jawaban terkait Penggunaan Anggaran Dana BOK tersebut dan diduga terjadi Pencemaran Limbah yang membahayakan masyarakat kami akan menggelar unjuk rasa (Aksi Demontrasi) di depan Kantor Dinas Kesehatan Kabupaten Lampung Barat, untuk mendesak Kepala Dinas Kesehatan mencopot Kepala Puskesmas Way Tenong serta akan kami laporkan kepada Aparat Penegak Hukum.” tutupnya. (Red)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini