Kabar Gembira Bagi Honorer Metro, THR Dipastikan Cair

0
298

Kabar Gembira Bagi Honorer Metro, THR Dipastikan Cair

Metro (Trustmedia.id) – Kabar gembira bagi seluruh Tenaga Harian Lepas (THL) alias tenaga honorer di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Metro. Pasalnya, Lebaran kali ini ribuan honorer di Bumi Sai Wawai bakal menerima Tunjangan Hari Raya (THR) serta gaji di bulan April. Rabu (27/04/2022).

Hal tersebut diutarakan Sekertaris Daerah (Sekda) Kota Metro, Bangkit Haryo Utomo. Ia memastikan, lebaran kali ini sebanyak 1.800 honorer di Metro bakal menerima THR dan gaji paling lambat Minggu ini.

“Sebelum Jumat sudah selesai kita bayarkan untuk THL. Untuk ASN sendiri sampai saat ini masih berjalan pendistribusian THR nya. Sudah kita data 1.800 THL itu, mudah-mudahan tidak ada yang selip,” kata dia.

Ia menjelaskan, THR untuk honorer bakal diberikan sebesar Rp 500 Ribu. Pemberian THR untuk THL tersebut berdasarkan kebijakan Pemerintah Daerah.

“Kemudian untuk THL atau honorer itu kita berikan sebesar Rp 500 Ribu. Jadi karena kebijakan memberikan THR itu adalah di masing-masing daerah. Jadi kita bantu, tidak penuh. Tapi kita bayarkan Rp 500 Ribu untuk semua tenaga honorer,” jelasnya.

Bangkit juga memastikan, THR tersebut bakal diterima oleh seluruh tenaga honorer sebelum tanggal 30 April 2022. Pemberian THR tersebut berikut dengan gaji di bulan April.

“Ini juga dilakukan oleh beberapa daerah juga di provinsi Lampung dengan kekuatan keuangan daerah, kita bisa menyampaikan Rp 500 Ribu ditambah dengan gaji di bulan April yang akan dibayarkan pada tanggal 28 April ini, sebelum Idul Fitri. Jadi kita majukan, dari yang seharusnya dibayarkan tanggal 30 April,” bebernya.

Sementara itu, bagi para Pegawai Negeri Sipil (PNS) hingga pensiunan dipastikan bakal menerima THR. Bangkit menyebutkan, pendistribusian tersebut bagi ASN hingga kini masih berlangsung.

“Perlu saya sampaikan bahwa dengan keluarnya peraturan pemerintah nomor 16 tahun 2022 terkait dengan THR untuk ASN, Polri, TNI dan Pensiunan di Kota Metro sudah kita sampaikan THR itu,” tandasnya.

Diketahui, munculnya kebijakan Pemkot Metro untuk memberikan THR kepada tenaga honorer diduga akibat desakan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) yang berulangkali menyuarakan hak tunjangan hari raya untuk para THL.

Hal tersebut dicetuskan Sekertaris Komisi I DPRD Kota Metro, Amrullah. Politisi muda tersebut telah dua tahun terakhir menyoroti dan menyuarakan pemberian THR untuk para THL.
(Red/11.003)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini