Hadiri pembukaan Forum Smart City 2024, Pemkab Lamteng Serius Terapkan Smart City

0
24

Hadiri pembukaan Forum Smart City 2024, Pemkab Lamteng Serius Terapkan Smart City

Denpasar . Trustmedia.id .

Bupati Lampung Tengah yang diwakili oleh Pj. Sekretaris Daerah Drs. Kusuma Riyadi, M.M., didampingi Kepala Dinas Kominfotik Lampung Tengah Edi Supena S.Sos., M.M., menghadiri acara pembukaan Forum Smart City 2024 di The Meru Sanur, Denpasar, Bali Senin, 24/6/2024,

Forum Smart City 2024 yang diselenggarakan oleh Kementerian Kominfo RI mengusung tema “Transformasi Digital Dan Inovasi Teknologi Menuju Indonesia Emas, Melalui Pembangunan Kota/Kabupaten Cerdas 2024. Dibuka oleh Pj. Gubernur Bali yang diwakili oleh Asisten 3 Setda Prov. Bali I Dewa Putu Sunartha ditandai dengan pemukulan Gong.

Dalam sambutannya Pj. Gubernur Bali melalui Asisten 3 Setda Prov. Bali menyampaikan selamat datang di Provinsi Bali, semoga seluruh peserta forum Smart City merasa nyaman berada di Bali. “Selamat datang semoga semua dapat merasa nyaman selama ada di Bali,” ungkapnya.

Saat diwawancarai melalui telepon seluler, Pj. Setda Kab. lampung Tengah, Drs. Kusuma Riyadi,.M.M mengungkapkan Smart City adalah strategi untuk memajukan potensi pelaksanaan pembangunan serta kualitas pelayanan kepada masyarakat suatu daerah pemerintahan dengan pendayagunaan data dan teknologi informasi, penyusunan kebijakan yang optimal, dan dukungan SDM di lingkungan pemerintah daerah.

“Manfaat smart city yaitu harus memberikan kemudahan bagi warga untuk mengakses layanan kependudukan, kesehatan, dan lain-lain. Dengan pengetahuan penyelenggaraan smart city akan dampak positif bagi masyarakat.” Terang Kusuma..

Hal senada disampaikan Kadis Kominfo Kabupaten Lampung Tengah Edi Supena, S.Sos,. M.M, Melalui pesan Whatsapp, Edi menerangkan, dengan adanya forum ini, diharapkan dapat terus melakukan inovasi dan terobosan dalam mewujudkan Smart City yang memberikan manfaat maksimal bagi masyarakat dan meningkatkan kualitas pelayanan publik.

“Seminar ini bertujuan untuk membahas langkah-langkah transformasi digital dan inovasi teknologi yang diperlukan untuk mencapai visi Indonesia Emas melalui pembangunan kota/kabupaten cerdas.” Ungkap Edi.

Lanjut Edi, forum Smart City 2024 merupakan wadah penting bagi para pemangku kepentingan di bidang teknologi informasi dan komunikasi untuk berdiskusi dan berbagi pengalaman mengenai penerapan konsep kota/kabupaten cerdas di Indonesia.

Dengan menghadiri acara ini, diharapkan Kabupaten Lampung Tengah dapat mengadopsi berbagai inovasi dan transformasi digital yang dibahas, sehingga dapat meningkatkan pelayanan publik dan kualitas hidup masyarakat melalui pemanfaatan teknologi yang lebih maju.

“Partisipasi dalam forum ini adalah langkah awal yang sangat penting bagi Kabupaten Lamteng untuk belajar dan mengadopsi teknologi serta inovasi yang dapat meningkatkan efisiensi pemerintahan dan pelayanan kepada masyarakat,” ujarnya.

Dengan kehadiran para pejabat daerah dalam acara ini, diharapkan Kabupaten Lampung Tengah dapat mengambil banyak manfaat dan inspirasi dari praktik-praktik terbaik dalam implementasi Smart City yang dipaparkan dalam forum tersebut.

“Jaringan dan kerjasama dengan berbagai pihak di tingkat nasional juga diharapkan dapat membantu percepatan transformasi digital di Lamteng.” Terang Edi.

Ia juga mengucapkan banyak terima kasih kepada seluruh OPD Kabupaten Lampung Tengah yang telah ikut serta dalam pelaksanaan kegiatan evaluasi implementasi Smart City melalui zoom.

“Berkat kerjasama seluruh OPD Lamteng. Alhamdulillah kita mendapat apresiasi dari pusat. Dengan anggaran yang minim kita dapat melaksanakan implementasi dari Smart City yang kini dapat dinikmati masyarakat.” Ungkap Edi.

Hadir dalam acara tersebut Wakil Wali Kota Denpasar I Kadek Agus Arya Wibawa, hadir secara daring Plt. Direktur Layanan Aplikasi Pemerintah Kemenkominfo RI Aris Kurniawan, beberapa Kepala Daerah, Sekretaris Daerah, Kadis Kominfo seluruh Indonesia.

Acara ini dilanjutkan dengan seminar Transformasi Digital dan Inovasi Teknologi Menuju Indonesia Emas dan Evaluasi Implementasi Smart City 2024 yang dilaksanakan oleh tim assesor dari Kemenkominfo RI.

Red.rilis . edy .LT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini