DPRD Kota Metro : Jika Kinerja Satopl-PP Optimil PAD Bisa Meningkat

0
40

Metro, Trusmedia.id– Wakil Ketua Komisi I DPRD Kota Metro Indra Jaya, meminta peran Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol-PP) setempat dalam meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD).

“Jika Satpol-PP lebih inovatif dan dan optimal, maka akan bisa menambah PAD,” ujar Indra Jaya, Rabu (18/1/2023).

Menurut Politisi Partai Golkar, dengan mengoptimalkan fungsi Satpol-PP, PAD Kota Metro berpotensi mengalami peningkatan hingga lima persen.

Selain itu, Satpol-PP jangan hanya berkutat pada penertiban spanduk saja.

“Jangan juga jadi lemah di tengah jalan, jangan panas di awal saja, tapi tidak ada tindak lanjut. Kami mau semuanya selesai sampai tuntas,” tegasnya.

Indra mencontohkan, masih banyak pelanggaran di Kota Metro terutama terkait pajak, retribusi, aset, dan reklame.

Ia berharap, Satpol-PP bisa berperan dalam menindak pelanggaran-pelanggaran tersebut.

Selain itu, Indra Jaya juga meminta Satpol PP bersikap lebih tegas dan konkret. Meski begitu, tetap harus juga mengedepankan pendekatan yang persuasif, humanis, dan kekeluargaan.

“Saya dapat informasi, baru satu pengusaha yang mengembalikan kerugian daerah, sedangkan yang lainnya masih diupayakan. Upayanya seperti apa,” tanya Indra.

Indra menginginkan upaya yang konkret, seperti turun ke lapangan. Kalau misalkan tidak kooperatif, bila perlu disegel.

“Kalau misalkan ada pengusaha yang gak mau bayar pajak atau memanipulasi pajaknya, segel tempat usahanya. Lebih tegas, tapi tetap sesuai aturan,” cetus dia.

Meskipun begitu, Indra menilai ada progres yang baik atas kinerja Satpol-PP.

Kendati demikian, Wakil rakyat ini tidak menutup mata atas perubahan pola kinerja Satpol-PP yang dinilainya cukup positif. Indra Jaya mengapresiasi progres tersebut.

“Sejak dijabat Jose Sarmento, sudah mengalami banyak perubahan dan itu kami apresiasi. Mudah-mudahan Satpol-PP bisa lebih meningkatkan kinerjanya,” pungkasnya. (Red/11.003)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini