Diduga Penyalahgunaan Dana Desa, APH Dipinta Panggil Kades Pantai Hurip

0
659

Kabupaten Bekasi, Trustmedia.id– Warga Desa Pantai Hurip Kecamatan Babelan, Kabupaten Bekasi mempertanyakan penggunaan dana desa (DD), mulai dari tahun anggaran 2022 dan 2023 tahap pertama, Senin 31/7/2023.

Diduga terjadi penyalahgunaan anggaran yang bersumber dari pemerintah pusat tersebut. Atas indikasi itu, warga meminta kepada Aparat Penegak Hukum (APH) Kabupaten Bekasi untuk memanggil Kepala Desa Pantai Hurip, Suwandi.

Salah seorang warga Desa Pantai Hurip yang meminta identitasnya tak disebutkan mengatakan, pada dasarnya dana desa yang berasal dari pemerintah pusat, Provinsi atau Pemerintah Kabupaten. setiap tahun anggaran berjalan lancar termasuk Desa Pantai Hurip.

Sekalipun kucuran anggaran dari pusat lancar, namun satu hal yang melahirkan pertanyaan warga.

“Desa kami sepertinya tidak ada geliat pembangunan yang signifikan. Makanya patut dipertanyakan dikemanakan dana desa itu,” ujarnya.

Ia pun menduga, beragam pembangunan sebagaimana tertuang dalam APBDesa adalah fiktif. Diantaranya yang bersumber dari dana desa dua tahun terakhir.

Terkait dengan indikasi penyalahgunaan dana desa, warga meminta kepada DPMPD dalam hal ini Inspektorat mengundang Kades Pantai Hurip, untuk mempertanyakan penggunaan anggaran dari pusat maupun Kabupaten Bekasi.

“Perlu ada langka dari Inspektorat untuk memanggil kades. Kami menduga dana desa tidak tepat sasaran. Karena pembangunan di desa kami tidak kelihatan,” ucapnya.

“Saya dengar anggaran dana desa sebesar begitu ada dugaan fiktif yang saya lakukan. Sebab yang saya ketahui pengelolaan anggaran itu dipantau oleh Inspektorat, kemudian Kejaksaan. Sehingga Kepala Desa Pantai Hurip harus hati-hati menggunakannya,” kata warga.

Sampai Berita ini diturunkan Belum ada tanggapan dari Kepala Desa, Pemdes, dan BPD Pantai Hurip Kecamatan Babelan, terkait anggaran Dana Desa dua Tahun kedepan ini. jelasnya. (RED/30.004/ACEP SUKARNA/PERWAKILAN/081311663908)

TAG
#Trustmedia #RedaksiTrustmedia #PerwakilanTrustmedia #KontributorTrustmedia #AnggaranDanaDesaPantaiHurip #KabupatenBekasi #DPMPDKabupatenBekasi #KepalaDesaPantaiHurip #KadesSuwandi

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini