Bupati Nias Barat Khenoki Waruwu Pantau Lokasi Banjir Di Wilayah Nias Barat

0
22

Bupati Nias Barat Khenoki Waruwu Pantau Lokasi Banjir Di Wilayah Nias Barat

Nias Barat Trustmedia.ID- (17/6/2024), Pasca hujan deras yang mengguyur wilayah Nias Barat sejak Minggu (16/6/2024) yang mengakibatkan banjir di beberapa lokasi akibat meluapnya sungai Moro’o, sungai Lahomi dan beberapa sungai lainnya, Bupati Nias Barat Khenoki Waruwu, memantau kondisi warga yang dilanda banjir, Senin (17/6/2024).

Beberapa lokasi yang dipantau Bupati Nias Barat Khenoki Waruwu antara lain di Togimbuaya Desa Iraonogambo Kecamatan Mandrehe, Desa Iroanogeba Kecamatan Mandrehe Barat, Desa Tigaserangkai Kecamatan Lahomi dan beberapa lokasi lainnya.

Saat tiba dilokasi Kepada warga Bupati mengharapkan agar masyarakat tidak panik namun tetap waspada dan meminta masyarakat untuk mengutamakan keselamatan.

“Saya harapkan kepada masyarakat Nias Barat untuk mengutamakan keselamatan dan tetap waspada,” harap Bupati Khenoki Waruwu.

Lebih lanjut, Bupati Khenoki Waruwu mengatakan bahwa Ia telah memberi petunjuk kepada Sekretaris Daerah dan OPD teknis untuk membentuk Tim Tanggap Darurat Bencana Banjir untuk mendata dan melakukan pengkajian lokasi, kerusakan dan korban bencana banjir, mengkaji dan menetapkan status keadaan darurat bencana, melakukan penyelamatan dan evakuasi terhadap korban bencana serta melakukan upaya pemenuhan kebutuhan dasar bagi korban bencana banjir.

“Saya sudah memberi petunjuk kepada Sekda dan perangkat daerah terkait agar membentuk Tim Tanggap Darurat, melakukan pendataan, memantau kondisi kesehatan warga pasca banjir serta melakukan penanganan darurat pasca terjadinya bencana banjir”, ungkapnya.

Sementara itu, Pj Kades Desa Iraonogeba Kecamatan Mandrehe Barat, Fa’ano Hia yang turut mendampingi Bupati memantau kondisi pasca banjir di Desa Iraonogeba mengatakan bahwa warga desanya dalam kondisi sehat, tidak ada korban jiwa, namun sebagian warga mengalami kerugian materi dan juga lahan Padi sawah warga akibat banjir yang datang secara tiba-tiba saat warga tengah terlelap tidur.

“Tidak ada korban jiwa, sebagian warga hanya mengalami kerugian materi, seperti peralatan rumah tangga dan lahan pertanian digenangi banjir,” tuturnya.

012.2024.red

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini