Alhamdulillah Pekerjaan Plafon Selesai, Suara Bising Hilang

0
42

Alhamdulillah Pekerjaan Plafon Selesai, Suara Bising Hilang .

Sinjai,TrustMedia.id

Pekerjaan plafon aula Kantor Desa Saotengnga Kecamatan
Sinjai Tengah Kabupaten Sinjai Provinsi Sulawesi Selatan memasuki tahap finising sesuai pantauan awak media, (26/06/2024)

Dengan selesainya pekerjaan plafon ini, suara kebisingan yang selama ini mengganggu pendengaran ketika hujan turun di saat rapat berlangsung dipastikan hilang dan tak ada lagi gemuru kebisingan.

Suasana dan penampakan aula Kantor Desa
Saotengnga sedikit membawa aura yang berbeda saat sebelum plafon terpasang. Selain penampakan dan tampilan kelihatan mewah yang membawa suasana nyaman dan sejuk juga memberikan kesan elegan yang tentunya ini membedakan dengan suasana aula kantor desa yang ada di Kecamatan Sinjai Tengah khususnya dan Kabupaten Sinjai pada umumnya.

Suatu keniscayaan, bahwa pemerintah Desa Saotengnga dengan predikat kategori Desa Mandiri ke 2 dari Desa Saotanre yang 3 tahun sebelumnya telah di nobatkan masuk sebagai kategori Desa Mandiri wilayah Kecamatan Sinjai Tengah.

Dengan predikat kategori Desa Mandiri tentunya perlu sinergitas dari semua elemen masyarakat untuk duduk bersama dalam memberikan sumbangsih pikiran, gagasan, ide, kreatifitas serta inovasi guna mengimplementasikan kemandirian baik dalam hal penerapan sistem pemerintahan kewilayahan Desa, Dusun, RK sampai ke tingkat RT. Begitupun dengan kemandirian tatanan kemasyarakatan yang tentunya akan menciptakan kehidupan harmonisasi di antara sesama warga Desa Saotengnga maupun antar desa tetangga.

Yang juga tak kala pentingnya dan menjadi satu tolak ukur bahwa kategori Desa Mandiri adalah tercermin dari tingkat kemandirian warganya dalam memenuhi kebutuhan sandang pangan sehari-hari.

Inilah kaitannya dengan perlunya pembenahan sarana dan prasarana yang ada dalam wilayah pemerintahan desa sehingga apapun yang akan dimusyawarakan dan diputuskan untuk kemashalatan orang banyak akan lebih muda dan terkoneksi dengan cepat.

Salah satu yang perlu menjadi perhatian dan keseriusan pemerintah Desa Saotengnga satu tahun ke depan (2025) adalah kesiapan dalam menyambut hajatan tahunan lomba desa yang mana Pemerintah Desa Saotengnga yang secara aklamasi dipersiapkan menjadi tuan rumah lomba desa mewakili Kecamatan Sinjai Tengah dalam ajang lomba desa Se Kabupaten Sinjai.

Secara administrasi, sarana dan prasarana yang ada di wilayah pemerintahan Desa Saotengnga di atas kertas tentu tidak diragukan karena faktanya di Desa Saotengnga sarana pendidikan mulai dari level TK/PAUD, SD, SMP/MTs, SMA/MA lalu sarana Perbankan dengan hadirnya Unit BRI, Pasar sebagai sarana pusat perputaran perekonomian yang terbesar ke 3 di Kabupaten Sinjai, setelah Pasar Sentral Sinjai Utara dan Pasar Sangiasseri (Bikeru) Kecamatan Sinjai Selatan.

Sarana Kesehatan dengan megahnya gedung PKM, yang mengkafer 6 desa wilayah kerjanya, tentu menjadi penilaian tersendiri yang pastinya akan mendongkrak dan memberikan sugesti empati kepada tim penilai.

Juga keberadaan kelompok tani sebagai wadah dan tempat berkumpulnya para petani untuk membicarakan dan mendiskusikan apa-apa yang berkaitan dengan profesi petani.

Dan satu yang tidak bisa dipungkiri adalah peran dan andil yang telah ditorehkan oleh kaum hawa dalam organisasi kelembagaan PKK dengan puluhan sayap Dasa Wisma yang semua anggotanya telah dibekali berbagai disiplin keilmuan baik berkaitan dengan kesehatan balita, lansia, disabilitas maupun keilmuan dalam ketahanan pangan.

Satu yang menjadi perbedaan Desa Saotengnga dengan desa lain yang ada di Kecamatan Sinjai Tengah adalah ketersediaan sarana dan prasarana pengolahan dan pemanfaatan sampah organik dan an_organik.

Satu tahun, waktu yang sangat singkat dan tak terasa. Maka , saran dan masukan buat pemerintah Desa Saotengnga seyogyanya dari sekarang perlu segera membentuk panitia kecil yang tentunya akan bertugas menyusun dan mengkoordinasikan ke semua elemen guna persiapan menjadi tuan rumah ajang lomba desa.

(Red. 011.2024 )

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini